10 Perbedaan dasar ASP.NET dan Desktop App (VB.NET)

belajar asp.net dari awal/nol, cara coding asp.net dengan visual basic vb, asp.net with vb.net, cara publiish asp.net, cara posting asp.net, cara install asp.net di iis, cara membuat form di asp.net, tutorial asp.net bahasa indonesia.
Untuk belajar ASP.NET dengan language VB.NET, saya mau share beberapa hal yang saya rasa penting untuk diketahui oleh pemula yang akan mulai coding ASP.NET dari nol. Bagi yang sudah terbiasa coding VB.NET untuk desktop app (WinApp), secara coding memang sama (VB.NET) tetapi secara konsep beda (WEB VS Desktop) :
1. Form Load
Web ASP : setiap "klik" button apapun, "enter" di textbox, "klik" row datagridview, semua itu akan selalu memanggil form_load (page_load).Istilahnya "refresh" page lagi.
Win App : form_load hanya di eksekusi 1 kali saja.

2. Variable
Web ASP : karena form_load selalu dipanggil berulang ulang jadi variable yang sudah kita isi nilai akan kembali ke deklarasi (nilai-nya akan hilang), jadi kita tidak akan menggunakan variable tetapi penggantinya adalah "Session". Session bisa di deklarasikan kapan saja dan dimana saja dan bersifat public dan type-nya object/variant (tetapi tidak bisa dikenali ke Module atau Class Module). Kita masih boleh menggunakan variable untuk nilai yang bersifat Fixed/static.
Win App : tidak ada Session, gunakan variable seperti biasa (baik dim, private, friend atau public)

3. Event Text_Changes
Web ASP : event text_changes di ASP itu akan di eksekusi saat kita tekan "enter" (key_press 13), jadi tidak seperti di win App event text_changes adalah saat kita mengetik di textbox itu.
Win App : event text_changes akan di panggil setiap kita mengetik text di textbox itu.

4. APP.Path (menadpatkan folder/path-nya si exe/apliaksi)
Web ASP : HttpContext.Current.Request.PhysicalApplicationPath
Win App : Application.StartupPath

5. Open/Save FileDialog
Web ASP : gunakan komponen "FileUpload"
Win App : gunakan komponen Open/Save FileDialog

6. Access PC CLient
Web ASP : setiap sintak yang sejenis : "mengakses registry", "app.path", itu selalu mengacu ke PC server (tempat dimana ASP itu di publish/install). Walaupun itu kita akses di web browser client, jadi tidak sebebas di Win App.
Win App : sintak diatas akan langsung mengakses ke PC client tempat dimana app itu di install

7. Cara memanggil Form
Web ASP : harus disebutkan path lengkap+nama file-nya, contoh : Response.Redirect("~/Form/MasterCustomer.aspx")
Win App : langsung saja, contoh : frm_MasterCustomer.show atau MasterCustomer.showDialog

8. MessageBox
Web ASP : MsgBox tidak menjadi Modal di disini, maksudnya ? contoh : MsgBox("close?", vbOKCancel, "tanya") . Maka kita masih bisa klik, ketik, dll di web browser (jadi tidak mengunci form)
Win App : MsgBox adalah modal, jadi begitu muncul messagebox-nya kita tidak bisa klik,ketik object apapun di form selain klik MsgBox nya dulu.

9. Build
Web ASP : tekan Publish (bukan Build) output dari project ASP adalah file file untuk di publish ke WebSite, lihat gambar dibawah ini :

Win App : tekan Build dan output project Win App adalah file EXE

10. Form Name
Web ASP : Nama form yang akan di panggul pertama kali harus kita berikan nama : Default.aspx , jangan form_login.aspx atau mainmenu.aspx, hal ini agar nanti tidak perlu configurasi lagi di IIS-nya.
Win App : Nama form bebas dan kita bisa seting startup form yang mana saja

Tags: belajar asp.net dari awal/nol, cara coding asp.net dengan visual basic vb, asp.net with vb.net, cara publiish asp.net, cara posting asp.net, cara install asp.net di iis, cara membuat form di asp.net, tutorial asp.net bahasa indonesia.

Silahkan komentar pada kolom dibawah ini jika ada yang ingin ditanyakan tentang 10 Perbedaan dasar ASP.NET dan Desktop App (VB.NET).

0 Response to "10 Perbedaan dasar ASP.NET dan Desktop App (VB.NET)"